Senin, Desember 29, 2008

KENALAN DENGAN LINUX UBUNTU (1)

(sekedar berbagi buat yang pengen kenal Linux)

Apa sih Linux?? Buat apa kita pakai Linux? Susah gak sih pakai Linux??

Itulah pertanyaanku seorang yg awam IT empat tahun yang lalu, ketika salah seorang temenku pakar IT mengoceh tentang Linux di depanku.

Dia menunjukkan daftar kelebihan Linux pada ku., sembari menjelaskan apa itu linux..

Dia menjelaskan bahwa Linux adalah salah satu Operating System yang open source, artinya siapapun bisa ikut membangun program aplikasi maupun sistem operasi, serta terus memperbaiki celah celah keamanan .(jika jago pemograman ). Bahwa linux oleh penemunya Linus Trovald, di disain dengan sistem operasi yg bekerja efisien,unik dan secure pada kernelnya.

Daftar kelebihan linux lainnya yang disodorkannya adalah :

  • Bebas Lisensi (free of charge)

  • Lebih stabil , tidak gampang Crash Program, hang, dsb

  • Lebih Efisien dari segi pemakaian daya

  • Lebih secure, Susah ditembus virus,spyware,dsb

  • Lebih tangguh, pada server dapat digunakan ratusan hari tanpa Shut down.

  • Dan sederet daftar lain yg aku lupa dan tidak mengerti , karena sudah masuk bahasa pemograman..:-)

Banyak kelebihan OS Linux dibanding Micro$uck Microsoft , yg dibeberkannya…

membuat aku “penasaran dot com”, terhadap jenis makluk Linux ini..karena pada waktu itu cara instalasinya yang susah ditambah kegaptekanku ttg istilah2 dan bahasa2 planet (pemrograman) .. membuat aku “ngeper” utk mencoba sang makluk LINUX ini..

Namun seiring dengan wawasan dan hasil browsing mengenai “Linux”, aku mendapat beberapa informasi mengenai si OS berlogo Pinguin Imut ini..

Setelah beberapa bulan lalu saya mencari informasi-informasi mengenai linux dan akhirnya saya mendapat kan pencerahan ttg LINUX a.l :

  1. Tentang kelebihan-kelebihan Linux ( sda /hampir sama yg saya tulis diatas).

  2. Terdapat beberapa varian Linux seperti : mandriva, fedora, redhat, ubuntu, dll, yang walau masing mempunyai gaya penampilan dan pengolahan desktop masing2, kelebihan2 masing2, tapi mereka tetap menggunakan dasar sistem operasi linux.

  3. Hampir semua program aplikasi2 yang umum dipakai di MS Windows ada di linux,

    Contoh: MS Office-Word > di linux ada Open office .org word processor, dsb

  4. beberapa varian sangat mudah penggunaannya maupun meng-instalnya , sebut saja : UBUNTU, KUBUNTU, MANDRIVA

  5. Sistem keamanan linux sangat terjamin, karena sistem operasi linux yg langung bekerja pada kernel dan tidak bisa diakses sembarang orang kecuali para perancangnya.

  6. Dan segudang info lain mengenai Linux…

Berdasar hasil suvey, informasi dan diskusi di forum2 linux.. serta chatting dan dukungan dari bbrp temen yg pakar IT, akhirnya aku memberanikan diri untuk bereksperimen mencoba menempatkan makluk maya yang lucu ini untuk bekerja pada hardware-ku..

Dari beberapa varian linux, pilihanku jatuh pada UBUNTU 8.04 LTS (saat ini sdh dirilis seri Ubuntu 8.10)

Beberapa alasanku memilih Ubuntu adalah:

  • Mudah pengoperasiannya , mudah cara peng instalannya (waktu penginstalannya kurang lebih 20 mnt)

  • Tampilan desktop/ lingkungan kerja Ubuntu Sangat mirip dengan MS WINDOWS

  • Sekali menginstal Ubuntu > sudah lengkap terdapat aplikasi2 umum yang dipakai di MS Windows spt office, image editing dll, sudah terdapat di paket UBUNTU tanpa harus meng-instal satu persatu aplikasi-aplikasi tersebut.

  • Cara pengoperasian aplikasi2 dasar sangat mirip dengan aplikasi2 pada MS Windows .

  • Banyak Support dan informasi mengenai Ubuntu, baik dari komunitas dunia maupun indonesia sendiri, yang bersedia membagi ilmu maupun menjawab kesulitan-kesulitan seputar Ubuntu.

  • Dan beberpa kelebihan lainnya.

Aplikasi-aplikasi pada Windows yang setara ada di UBUNTU

Di MS Windows > Di Ubuntu:

  • MS Word > OpenOffice Word Processor

  • MS Excel > OpenOffice Spreadsheet

  • Ms Powerpoint > Open office Presentation

  • Photoshop > setara dgn GIMP Image editor

catatan tambahan lain :

  • “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.

Informasi lengkap ada pada :

  1. Info, download, FAQ,Forum resmi di : http://ubuntu.com/ atau di http://www.ubuntu-id.org/

    komunitas, blog , tutorial :

  2. http://planet.ubuntu-id.org/

  3. http://ubuntuforums.org/

  4. dll.

Pada bulan September 2008 , untuk pertama kali aku mencoba meng-instal LINUX (secara otodidak) pada varian UBUNTU 8.04 LTS, dan pada saat menulis artikel ini aku masih menggunakan Ubuntu.

Masih banyak yang akan saya sharing pengalaman ttg Ubuntu ini , akan saya sharing pada posting-posting selanjutnya…

Semoga Informasi diatas, dapat bermanfaat, dan bisa membuka wawasan kita terhadap Linux, (walau penulis sendiri masih sangat awam dengan Linux.. :-) )

Dan bagi rekan-rekan yang mahir pada linux.. mohon sharing disini buat menambah pengetahuan saya dan rekan2 lain mengenai Linux..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri Komentar di Bawah ini. Saya Ucapkan Terimakasih atas Kunjungannya di Blog Saya.